Cara Belajar Bahasa Inggris yang Mudah Cepat dan Menyenangkan

Cara Belajar Bahasa Inggris yang Mudah Cepat dan Menyenangkan






Belajar bahasa Inggris sebenarnya sangatlah mudah. Namun, banyak orang yang justru menciptakan kesulitan di atas kemudahan tersebut. Jalan pikiran mereka telah tertutupi oleh suatu hal yang dianggapnya sebagai hambatan. Akibatnya, kepercayaan diri dan dorongan belajar merekapun ikut runtuh sebelum mengenal dan bersentuhan dengan bahasa Inggris. 

Ada banyak hal yang dikategorikan sebagai hambatan ketika mempelajari bahasa Inggris. Salah satunya, kesulitan membedakan berbagai jenis kata-apakah itu kata sifat, kata benda, ataupun kata kerja. Sepintas, masalah itu tampak sepele. Tetapi, jika didiamkan saja, akan berdampak besar pada langkah pembelajaran selanjutnya. 

Berbagai jenis kata itulah yang terkadang menjebak kita dalam kekeliruan. Padahal, dalam dua detik saja, sesungguhnya Anda pun sudah mampu membedakan antara satu jenis kata dengan jenis kata yang lain. Kini, yang jadi pertanyaan, bagaimana cara melakukannya tanpa harus menggunakan rumus pelik, atau bahkan membuka-buka kamus yang tebalnya bikin orang pusing? 

Rumus untuk memilah kata sifat, kata benda, dan kata kerja sangatlah sederhana. Anda tak perlu membuang banyak waktu untuk mempraktikkannya. Bahkan, dengan satu tarikan napas pun, Anda bisa mencermati dan menemukan satu jenis kata yang diinginkan, lantas Anda gunakan untuk membuat kalimat. Key word atau kata kuncinya adalah bubuhkan kata “sangat” atau “sedang” di depan sebuah kata. Perlu diketahui, tak semua kata bisa dibedakan dengan cara demikian, meski mayoritas dapat. Oleh karena itu, bantuan kamus kadang kala tetap Anda butuhkan dalam hal ini. Secara umum, apabila satu kata bisa disandingkan dengan kata “sangat”, Anda dapat mengetahui bahwa kata itu tergolong kata sifat. Sebaliknya, jika ternyata tidak pas, maka kata tersebut bukanlah kata sifat. Cermatilah contoh di dalam dua tabel berikut, lantas bandingkan keduanya!

Tabel 1a 
Kata Sifat
Kata dalam Bahasa Inggris
Kata dalam Bahasa Indonesia
Disandingkan dengan “sangat”
Happy
Senang
Sangat senang
Busy
Sibuk
Sangat sibuk
Lazy
Malas
Sangat malas


Tabel 1b 
Bukan Kata Sifat
Kata dalam Bahasa Inggris
Kata dalam Bahasa Indonesia
Disandingkan dengan “sangat”
Study
Belajar
Sangat belajar
Play
Bermain
Sangat bermain
Book
Buku
Sangat buku


Usai mencermati kedua tabel yang tersaji, saya yakin Anda telah memahami perbedaan antara kata sifat dan bukan kata sifat. Kini, cobalah Anda mencari kata-kata lain yang dapat dikelompokkan dalam kata sifat. Tentunya dengan metode yang sama, yaitu dengan merangkainya dengan kata “sangat”.

untuk lebih lengkapnya ada di buku desa bahasa terbaru. 






BACA JUGA