Solusi Belajar Bahasa Inggris secara aktif ala Desa Bahasa Borobudur

English Revolution 
Gerakan Indonesia speaks English 
Saatnya belajar bahasa Inggris mudah, cepat dan menyenangkan 
SOLUSI BAHASA INGGRIS SECARA ACTIVE SETELAH DIHAPUSNYA RSBI 




Perbanyak Praktik, Sisihkan Teori
Belajar bahasa Inggris dengan cepat tentunya menjadi dambaan semua orang. Biasanya, kita tidak memiliki banyak waktu untuk terus-menerus belajar. Maka, kesempatan belajar dengan cepat dan tanpa biaya tinggi itulah yang dicari mayoritas orang. 

Sebenarnya, sangat sederhana untuk mewujudkan hal tersebut. Sering kali, hal ini dilupakan dalam proses belajar di sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Intinya, perbanyaklah praktik dan sisihkan sedikit saja teori. Lantas, praktik yang bagaimana? Tentu saja praktik melalui metode drilling dan listening. Mengapa demikian? Karena, tujuan belajar bahasa Inggris adalah agar mahir berkomunikasi. 

Faktanya, walau secara teori telah dianggap mumpuni, seseorang belum tentu berani berbicara dalam bahasa Inggris. Padahal, untuk bisa berbicara in English, teori bukanlah yang utama. Pembiasaanlah yang justru menjadi poin utama bagi Anda agar lancar berbahasa Inggris. 

Anda cukup mendengarkan segala yang berhubungan dengan bahasa Inggris. Anda dapat memperoleh informasi audio tersebut dari guru, radio, televisi, VCD, ataupun turis asing. Kemudian, tirukanlah apa yang Anda dengar. Jika menghendaki situasi yang lebih menyenangkan, pilih saja media film atau lagu yang menggunakan bahasa pengantar berupa bahasa Inggris. Dengan cara tersebut, Anda akan belajar tanpa harus didoktrinasi atau dipaksa untuk menjalaninya. 

Lantas, bagaimana dengan teori yang di dalamnya memuat berbagai perangkat belajar, seperti grammar atau tenses? Tentu saja keduanya sangat penting untuk mewujudkan kesempurnaan dalam menguasai bahasa Inggris. Tetapi, hal yang penting ini tak serta-merta diterapkan saat Anda mengawali proses belajar bahasa Inggris. 

Kini, tinggal bagaimana Anda mengatur waktu untuk belajar. Juga mendisiplinkan diri agar tujuan belajar Anda segera tercapai. Kesalahan adalah hal yang biasa dijumpai. Karenanya, janganlah takut salah. Siasati praktik Anda dengan memanfaatkan cermin dan perekam. Berbicaralah dengan diri sendiri dalam bahasa Inggris. Begitulah yang dulu saya lakukan untuk mengasah keterampilan berbahasa Inggris saya. 

Sumber:
Buku cara gila belajar bahasa Inggris media pustaka dan penulis Mr. Hani sutrisno founder Desa bahasa & SPEC serta menjadikannya Desa Bahasa and SPEC selaku laboratorium lapangan
Share on Google Plus

About Desa Bahasa

    Blogger Comment
    Facebook Comment